Islamic Clock

Friday, October 2, 2009

Khasiat Roselle


Rosella dikenal oleh masyarakat dgn nama Rosela, Rasella, Roselle (Hibiscus Sabdariffa L.). banyak yg bisa kita dapatkan dari tanaman berbunga ini terutama dari segi kesihatan dan juga kecantikan. Di Malaysia rosella disebut juga dgn Asam Paya, Asam Kumbang, atau Asam Susur. Asal mula bunga rosella ada yg mengatakan dari Afrika Barat, ada jg yg mengatakan dari India, atau India Barat, dimana rosella dikenal dgn nama Jamaican Sorrel. Namun, tumbuhan Rosella baru dikenal oleh masyarakat Malasyia sendiri lebih dari 3 abad yg lampau.

Banyak yg bisa kita peroleh dari tumbuhan ini, dari kelopak bunganya, benih rosella, bunga rosella, biji rosella, kuncup bunga rosella sendiri juga dapat dimanfaatkan oleh manusia (subhanallah…). Dari segi kesihatan banyak hal yg bisa kita peroleh dari bunga rosella, antara lain:
Mencegah penyakit, Sbg antiseptic, Penambah syahwat, Agen astringen,Pengobatan tradisional utk batuk, lesu, demam, stress, dll, Mencegah penyakit hati
Menurut penelitian Balitas Malang, bunga rosella yg berasal dari tanaman berkelopak bunga telabl (juicy), misalnya rosella merah berguna untuk pencegahan penyakit kancer dan radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan buang air besar.

Dari kelopak bunga rosella jg dapat diambil manfaat spti dibuat untuk minuman segar spti the, sirup, selai, jg jelly. Selain itu, kelopak bunga rosella jg mengandung vitamin C, Vitamin A, dan asam amino yg diperlukan oleh tubuh. Dan rosella pun mengandung byk protein serta kalsium, yg tentunya akan sangat membantu pertumbuhan buah hati anda serta keluarga. Sedangkan kelopak bunga rosella kering dapat bermanfaat untuk :
Menurunkan asam urat, hipertensi, Kadar gula, memperbaiki metabolism tubuh, Mencegah kancer, Mencerdaskan otak, Menambah vitalitas, Meredakan batuk, yg berguna bagi kita.
Manfaat Bunga Rosella antara lain :
Mengurangi kepekatan dalam darah, Membantu proses pencernaan, Mencegah keradangan, Membantu penyembuhan atau mengobati penyakit kancer, hipertensi, batu ginjal, batuk kronis, dll

Hasil penelitian yg dijalankan mengenai khasiat bunga roselle antaranya ialah :-
- Membantu proses pencernaan, meningkatkan kelenjar usus dan berfungsi sbg tonik.
- Memperlancar peredaran darah.
- Mengubati luka luar dan dalam.
- Mengubati penyakit kulit, menghaluskan kulit dan memperlambat penuaan, menyebabkan wajah nampak muda dan berseri.
- Sbg diuretic, penurun suhu dan pereda rasa nyeri (penenang alami.)
- Bersifat detoksifikasi, membuang racun.
- Mempunyai efek anti kejang otot.
- Memiliki zat anti bakteria dan anti virus.
- Membunuh bakteria penyebab TBC.
- Memiliki zat anti kejang saluran pernafasan
- Mencegah peradangan pada saluran kencing dan pembentukan batu karang.
- Mencegah penyakit jantung.
- Mengatasi masalah selsema, batuk, dan demam.
- Mengubati asma dan alergi.
- Mengubati insomnia.
- Menormalkan kadar gula darah, tekanan darah, kolestrol, dan asam urat.
- Mengatasi penyakit kardiovaskular/darah tinggi.
- Vitamin C dan serat yang tinggi yang terdapat dalam rozel mampu bertindak sebagai anti oksidan dan sebagai anti kanser.
- Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
- Menyihatkan mata
- Menyeimbangkan berat badan.
- Mengurangi panas dalam .
- Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati.
- Mengubati pening kepala/migraine.
- Membantu memulihkan dari ketergantungan ubat dan alkohol.
- Menghilangkan sakit sakit di badan.
- Membantu mencerdaskan otak pada anak-anak kerana mengandungi Omega 3 dan DHA
- Dapat mengurangi risiko osteoporosis.
- Mengobati sakit tenggorokan dan sawan.
- Mengatasi masalah stress/tekanan.

Kandungan Rozel:

Mengandung vit.C kadar tinggi (tiap 100 gram Roselle mengandung 280 mg Vit. C);Vit.B1, B2; D, dan Niasin; Protein 1,145 gr;Lemak 2,61 gr;Serat 12gr; Kalsium 1,263 gr;Fosfor 273.2 mg;Zat besi 8,98 mg; Malic Acid 3,31%;Fruktosa 0,82%;Sukrosa 0,24%; Karoten 0,029%;Tiamin 0,117 mg;Niasin 3,765 mg; juga mengandung 18 asam amino yang diperlukan tubuh; Gossypetin Anthocyanin; Potassium, dan Flavonoid.

HPA4u – HPA ada mengeluarkan beberapa produk yang berasaskan roselle antaranya Teh Uncang Roselle, Kordial Roselle, Minuman Roselle, Jem Roselle, Kapsul Roselle & Halwa Roselle. Terlalu banyak khasiat yang Allah berikan hanya dari sebatang pokok yang kecil. Marilah kita sama-sama ambil manfaat darinya.

p/s:- ini mama petik dari artikel2 yg pernah mama baca di internet....

2 comments:

  1. dulu masa kecik2 asid selalu makan ni.. masa jalan2 ke ladang2. Nak pergi mandi dekat tasik, sambil jalan sambil mkn ni. Sedap.. masam2 sikit. Dah beberapa tahun tak makan, huhuhu rindu pulak.. :)

    ReplyDelete
  2. buah rozell ni mmg best masam2 manis, shazz suka sangat..hhhmm

    ReplyDelete